Jumat, 29 Juni 2012

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Galuh 2012


Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Galuh 2012

1.      Pendahuluan
Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan asset nasional yang lahir dari saham mahasiswa dalam pembangunan. Konsep ini muncul dari kesadaran mahasiswa, sebagai calon sarjana untuk memanfaatkan waktu di luar ruang kulaihnya untuk menyumbangkan ilmu pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) yang telah diperolehnya untuk membantu memecahkan masalah pembangunan di lapangan.
KKN Tematik merupakan bentuk penegasan loyalitas dan soliditas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) untuk membantu mewujudkan visi pemerintah provinsi Jawa Barat yang tercantum dalam RPJMD tahun 2008-2013 yaitu “Tercapainya Masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis da Sejahtera.”
Dalam mewujudkan visi tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyusun langkah-langkah strategis melalui pencapaian Sepuluh Common Goals Jawa barat yang diimplementasikan ke dalam 40 kegiatan tematik sebagai problem solving terhadap permasalahan kronis dan tak kunjung selesai di Jawa Barat.
           Adapun KKN tematik yang dilaksanakan Universitas Galuh lebih memfokuskan pada kepariwisataan di Wilayah Pangandaran dan sekitarnya. Prioritas pembangunannya adalah: “Pengembangan AKtivitas Ekonomi melalui Destinasi Wisata Internasional. Agribisnis, dan Bisnis Kelautan dalam Rangka Perintisan PKN Pangandaran.”

2.      Tema
            Adapun Tema yang diusung adalah adalah “Optimalisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Potensi Objek Wisata Kawasan Pangandaran Kabupaten Ciamis”
            Salah satu tujuannya adalah agar wisatawan lokal maupun asing mengalami peningkatan yang berdampak pada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Karena itu sasaran program KKN Tematik Antara Lain
1.      Peningkatan Kebersihan Lingkungan Objek Wisata
2.      Peningkatan volume atraksi wisata
3.      Promosi Objek Wisata melalui berbagai media
4.      Peningkatan potensi wisata kuliner
5.      Peningkatan Pelayanan wisatawan melalui pemandu wisata yang kompeten

3.      Lokasi
Lokasi KKN Tematik Unigal 2012
A.      Kecamatan Pangandaran meliputi :
1.      Desa Pangandaran
2.      Desa Pananjung
3.      Desa Babakan
4.      Desa Wonoharjo
5.      Desa Sidomulyo

B.      Kecamatan Parigi
1.      Desa Ciliang
2.      Desa Cibenda

4.  Waktu pelaksanaan
KKN tematik ini berlangsung dari tanggal 25 juni - 26 Juli 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar